Resep Pempek Nasi Panggang Bebas Gluten

 

Coba Lihat gambar pempek yang satu ada didalem piring dan yang satunya lagi ada diatas talenan. Bedanya apa sih? kalau yang di atas talenan itu pempek yg digoreng dengan minyak & kalian dapat lihat sendiri diatas talenannya banyak bekas minyak-minyaknya. Sedangkan pempek yang diatas piring itu dimatangkan dengan cara dipanggang diatas teflon tanpa minyak dan hasilnya sangat memuaskan. Sepintas jika dilihat dari tampilannya sama-sama menarik dan tidak berbeda sama sekali.

Resep Pempek Nasi Panggang Bebas Gluten

Saran jangan mengkonsumsi pempek yang dos terlalu sering ya. Why? Karena pempek dos rata-rata menggunakan tepung terigu (notabene mengandung gluten sehingga tidak baik buat usus jika terlalu sering) dengan komposisi yang banyak atau sekitar 1 : 2 kalua dalam perbandingan pengunaan tepung terigu vs tepung sagunya.

Nah solusinya gimana? saya buatkan resep pempek sehat & Bebas gluten dari nasi + tepung sagu dan dimatangkan dengan cara dipanggang.
Berikut Resep Pempek Nasi Panggang Bebas Gluten dan cara membuat serta tips-tipsnya juga.

Bahan dan bumbu yang perlu disiapkan :

- Air 250 ml / cc + beras 1 gelas kecil takaran (yg dari rice cooker kecil)
- Tepung sagu / tapioka cap tani 200 - 250 gram.
- Telur ayam kampung 1 butir (boleh ganti minyak 1 sdm)
- Garam 2 sdt + 1 sdt gula + 1 1/2 sdt kaldu jamur + bawang putih 2 siung haluskan
- Telur utuh 2 butir (untuk bentuk kapal selam)
- Air bersih 1.5 liter untuk merebus.

Cara membuat Pempek Nasi Panggang Bebas Gluten:

Cuci bersih beras dan masak di rice cooker biasa sampai matang. Kemudian setelah matang panas2 haluskan dengan food processor kemudian biarkan hingga hangat.

Masukkan bawang putih halus, garam, gula, kaldu jamur dan telur kemudian aduk-aduk hingga tercampur rata. Lalu masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diuleni perlahan. Kemudian bagi adonan menjadi beberapa bagian sama besar, sisihkan dan rebus air 1.5 liter biarkan hingga mendidih sambil nanti membentuk pempek.

Lalu bentuk lonjong memanjang untuk pempek yang lenjer dan bentuk kerucut menyerupai kantong agar dapat diisi telur untuk yang kapal selam. Terakhir rebus pempek didalam air mendidih sampai matang kurang lebih 10 - 15 menitan tergantung ukuran pempeknya. Setelah matang angkat dan dinginkan kemudian menjelang disajikan dapat dipanggang terlebih dahulu selama 5 menit diatas teflon tanpa minyak dengan api yang kecil.

Resep Pempek Nasi Panggang Bebas Gluten

Tips Resep Pempek Nasi Panggang Bebas Gluten :

  • Setiap beras punya karakteristik yg berbeda jadi atur-atur sendiri ya takaran beras dan airnya agar jangan terlalu keras maupun lembek. Btw Boleh ga pake nasi sisa semalam? Sebaiknya jangan karena sudah ga fresh dan juga lebih keras serta mengandung glukosa yang lebih tinggi apabila sering dihangatkan.
  • Gunakan tepung sagu atau tapioka yang berkualitas ya karena hasilnya akan lebih bagus dan teksturnya pas. Kalau pake yang kurang berkualitas nanti hasilnya jd terlalu kenyal dan lengket2 sehingga jatuhnya malah jd kurang enak. Contohnya tepung sagu cap tani yanh bungkusannya warna hijau.
  • Pengunaan tepung sagu tidak perlu sampai habis. Cukup diatur sampe pempek dapat dibentuk dan sisa tepungnya dapat digunakan sebagai taburan dalam membentuk pempek agar tidak lengket ditangan.
  • Sewaktu merebus air, tidak perlu dicampur minyak dan garam karena pempeknya sama sekali tidak lengket. Selain itu setelah matang, jangan langsung di panggang karena tekstur masih panas dan agak lunak. Lebih baik diamkan dulu minimal 1 - 2 jam agar pempek dingin dan menjadi lebih padat.
Resep Pempek Nasi Panggang Bebas Gluten 4.5 5 Anonim Coba Lihat gambar pempek yang satu ada didalem piring dan yang satunya lagi ada diatas talenan. Bedanya apa sih? kalau yang di atas talenan ...